Written by at November 08, 2022
Resep

Masaknya Gak Pakai Lama, Yuk Sontek Resep Bumbu Sayur Asem Super Gurih Ini

Jika ngomongin tentang menu olahan sayur khas Indonesia, pasti salah satu menu yang terlintas di benak Sayurfriends adalah sayur asem. Sayur asem yang jadi kuliner kebanggaan masyarakat Betawi dan juga Sunda ini, memiliki cita rasa kuah yang gurih dan aneka sayuran sebagai isiannya. Penasaran apa aja bumbu sayur asem ini dan cara membuatnya? Simak langsung di bawah ini.

bumbu sayur asem

Bahan-Bahan:

Bahan Bumbu Sayur Asem:

Bahan Bumbu Halus:

Cara Membuat:

  1. Siapkan panci dengan ukuran cukup besar, lalu tuang air ke dalamnya. Rebus air hingga mendidih.
  2. Sembari menunggu air mendidih, haluskan semua bahan bumbu halus.
  3. Setelah air mendidih, masukkan asam jawa, bumbu halus, lengkuas, dan daun salam. Masak hingga aromanya wangi.
  4. Masukkan jagung manis, kacang tanah, nangka muda, dan melinjo. Masak hingga teksturnya matang dan empuk.
  5. Tambahkan labu siam dan pepaya muda. Lanjutkan memasak dan beri tambahan garam dan gula pasir.
  6. Masukkan kacang panjang dan daun melinjo. Lanjutkan memasak hingga semua bahan matang, lalu koreksi rasa. Jika rasanya sudah pas di lidah, angkat.
  7. Sayur asem pun siap dinikmati.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Pare, Khasiat Melimpah Dibalik Rasa Pahit

Tips Memasak dan Menyantap Sayur Asem

Meskipun kelihatannya sederhana, namun gak sedikit orang yang gagal memasak sayur asem. Kegagalan saat memasak sayur asem itu misalnya seperti sayuran yang terlalu layu, hingga cita rasa kuah sayur asem yang pahit. Jika begini, tentu rasanya sia-sia saja sudah meluangkan waktu untuk memasaknya. Nah, agar bisa memasak sayur asem yang enak, intip tipsnya berikut ini.

1. Pakai Daging, Tetelan, atau Ikan Asin agar Kaldunya Nendang

Cita rasa kuah sayur asem akan sangat berpengaruh pada rasa keseluruhan dari sajian tersebut. Gak jarang, banyak orang yang mengeluhkan sayur asemnya terasa cenderung hambar, kaldunya gak terasa, dan overall kurang nendang di lidah. Agar bisa menghindari situasi ini, Sayurfriends bisa gunakan daging, tetelan, atau ikan asin agar cita rasa kaldu pada kuahnya bisa terasa.

Jika menggunakan daging, tetelan, atau ikan asin, Sayurfriends bisa rebus dulu bahan-bahan tersebut dengan air hingga mendidih. Jika sudah mendidih dan daging, tetelan, atau ikan asing itu sudah empuk, saring kuahnya dan gunakan kuah tersebut sebagai kuah sayur asem nantinya. Dijamin, cita rasa kaldu pada kuahnya akan menguat dan yang pastinya nendang di lidah.

2. Hindari Penggunaan Asam yang Terlalu Muda

Asam merupakan salah satu bahan utama yang digunakan dalam membuat sayur asem. Nah, Sayurfriends harus cermat dalam memilih asam untuk digunakan nantinya, karena jika menggunakan asam yang terlalu muda, akan membuat cita rasa sayur asem pahit nantinya. Kalau rasanya pahit, tentu akan sulit untuk menyantapnya dan bisa berakhir dengan dibuang begitu saja.

Jika Sayurfriends masih kesulitan dalam membedakan asam yang masih muda dengan asam yang sudah tua, Sayurfriends bisa gunakan asam jawa sebagai bumbu sayur asem. Dengan begini, maka pahitnya cita rasa kuah sayur asem yang pahit akan bisa dihindari dan Sayurfriends bisa merasakan kadar keasaman yang pas pada sayur asem tersebut.

3. Hindari Penggunaan Panci Berbahan Aluminium

Tahukah Sayurfriends kalau panci yang digunakan dalam memasak sayur asem juga bisa mempengaruhi cita rasa sayur asem tersebut? Usut punya usut, ternyata penggunaan panci yang terbuat dari bahan aluminium untuk memasak sayur asem gak begitu direkomendasikan, karena bisa memicu rasa getir atau pahit pada sayur asem.

Pahitnya kuah sayur asem saat dimasak dengan panci berbahan aluminium disebutkan karena bahan aluminium bisa larut saat terkena asam atau telur, sehingga menimbulkan rasa pahit pada sayur asem. Nah, agar hal ini bisa dihindari, Sayurfriends bisa gunakan panci yang terbuat dari bahan enamel atau bahan lainnya untuk memasak sayur asem.

4. Gunakan Bumbu yang Banyak

Kunci utama agar sayur asem bisa membuat lidah berdecak saat menyantapnya adalah bumbu yang digunakan. Mengingat sayur asem merupakan menu makanan yang berkuah banyak, pastikan Sayurfriends gak pelit dalam menggunakan bumbu-bumbu saat memasaknya. Gunakan bumbu yang banyak saat memasak, agar nanti cita rasanya pun menjadi enak.

5. Tambahkan Potongan Tomat

Cita rasa yang segar memang merupakan ciri utama dari sayur asem, mengingat penggunaan asam dalam pembuatannya. Namun, jika Sayurfriends ingin mendapatkan cita rasa yang lebih segar lagi, Sayurfriends bisa tambahkan potongan tomat ke dalam sayur asem tersebut. Penambahan sayur asem bisa dilakukan jelang sayur asem matang sempurna.

6. Perhatikan Tahapan Memasukkan Bahan Sayuran

Meskipun dimasak dengan cara direbus, ada tips jitu yang bisa Sayurfriends ikuti dalam memasak sayur asem agar sayuran isiannya gak layu saat sudah matang nanti. Kuncinya itu adalah dengan memperhatikan tahapan memasukkan bahan sayuran. Jangan langsung masukkan semua sayuran, namun masukkan sayuran secara bertahap sesuai dengan teksturnya.

Sayurfriends bisa masukkan sayuran yang lebih keras terlebih dahulu, lalu kemudian berlanjut ke sayuran yang teksturnya lebih lunak. Dengan begini, sayuran dengan tekstur yang keras bisa dimasak dalam waktu yang lebih lama, tanpa membuat sayuran dengan tekstur lunak jadi terlalu lembek. Sayuran dengan tekstur keras itu seperti nangka, melinjo, dan jagung.

7. Nikmatilah Selagi Hangat

Agar sayur asem benar-benar meninggalkan kesan yang nikmat dan menggugah selera saat Sayurfriends menyantapnya, nikmatilah sayur asem itu selagi masih hangat. Hangatnya semangkok sayur asem akan sangat tepat untuk Sayurfriends santap saat cuaca sedang dingin. Selain nikmat di lidah, sayur asem ini juga akan memanjakan lidah dan menghangatkan tubuh.

Beli Bahan Sayur Asem Hanya di Sayurbox

Sebelum bikin sayur asem, yuk stok dulu bahannya di rumah via Sayurbox. Sayurfriends bisa beli bahannya secara terpisah dengan mengeklik nama bahannya di atas atau bisa juga dengan membeli paket sayur asem lengkap yang disediakan oleh Sayurbox. Masak jadi praktis dengan Sayurbox.

Gimana, udah gak sabar untuk mencoba sendiri masak sayur asem di rumah? Bumbu sayur asem terbilang simpel dan mudah ditemukan, sehingga Sayurfriends gak bakal kesulitan untuk memasaknya nanti. Jangan lupa ikuti cara dan tips memasaknya yang telah dibagikan di atas, agar Sayurfriends bisa masak sayur asem yang benar-benar nendang di lidah.

Related Articles

Yuk, Ikutan Tantangan Kreasi Masak #SAMBA!

Halo, Sayurfriends Jabodetabek! Punya bakat memasak? Jangan biarkan bakatmu hanya diketahui oleh kompor, talenan, dan pisau yang ada di...

7 Makanan Khas Arab Ini Banyak yang Suka!

Apakah Sayurfriends punya hobi icip-icip kuliner dari berbagai negara? Jika iya, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba kelezatan...

5 Inspirasi Resep Sambal Bawang, Rasa Pedasnya Endul Banget!

Sambal bawang sudah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Hanya dengan bermodalkan sambal bawang ini saja, makan...