Written by at May 13, 2022
Resep

Mengintip Resep Getuk Lindri, Jajanan Jadul Berbahan Singkong

Tak terkira banyaknya penganan khas Nusantara yang terbuat dari singkong, di mana salah satunya adalah Getuk Lindri. Getuk Lindri ini merupakan camilan khas dari Jawa, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Singkong yang dikukus membuat tekstur camilan ini menjadi lembut dan juga kenyal. Yuk simak ulasan mengenai asal usul dan resep Getuk Lindri di bawah ini.

resep getuk lindri

Sejarah Getuk Lindri

Getuk Lindri merupakan penganan yang tak asing lagi bagi masyarakat Jawa, khususnya yang bermukim di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penganan yang terbuat dari singkong ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Ciri khasnya sendiri adalah tiga warna getuknya yang khas, yakni krem, hijau muda, dan merah muda atau pink.

Usut punya usut, nama Getuk Lindri sendiri terinspirasi dari nama proses pembuatan getuk satu ini. Jika nama gethuk sudah diketahui sebagai nama penganan yang terbuat dari singkong, nama lindri ternyata merupakan istilah untuk proses penggulungan adonan singkong saat membuat penganan ini. Makanya, penganan ini dikenal dengan nama Getuk Lindri.

Ciri khas lainnya dari Getuk Lindri ini adalah cara penjualannya. Para pedagang yang menjual Getuk Lindri akan menjajakannya dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan, sembari memakai pengeras suara. Pengeras suara ini nantinya akan digunakan untuk memperdengarkan lagu campur sari, sehingga saat orang mendengarnya sudah pasti teringat dengan Getuk Lindri.

Baca juga: 7 Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Resep Getuk Lindri

Bahan-Bahan:

  • 1 kilogram singkong, kupas kulitnya
  •  13 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok makan margarin
  • ½ sendok teh garam
  • Kelapa parut secukupnya
  • Daun pandan secukupnya
  • Pewarna makanan

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih singkong terlebih dahulu, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian kecil.
  2. Selanjutnya, kukus singkong dengan api sedang hingga matang, selama lebih kurang 25 menit. Jika tekstur matang sudah empuk dan lunak, angkat singkong dan sisihkan ke dalam wadah.
  3. Selagi singkong masih panas, tambahkan dengan gula, lalu haluskan.
  4. Setelah singkong halus dan tercampur rata dengan gula, tambahkan margarin, vanili bubuk, dan garam, lalu aduk hingga semuanya tercampur rata.
  5. Jika adonan singkong sudah kalis, pindahkan ke alas adonan lalu pipihkan.
  6. Bagi adonan singkong menjadi empat bagian, kemudian beri masing-masing bagian adonan itu pewarna makanan yang berbeda. Uleni adonan hingga warnanya tercampur rata.
  7. Siapkan rolling pin, lalu gilas masing-masing bagian adonan hingga pipih. Kemudian, pakai scraper atau pisau untuk membuat garis di permukaan adonan singkong.
  8. Setelah semua permukaan adonan singkong dipenuhi garis, bagi adonan tersebut menjadi empat bagian, lalu tumpuk setiap lapis bagian tersebut. Setelah selesai ditumpuk, potong kembali menjadi tiga bagian. Lakukan langkah yang sama untuk semua adonan yang tersisa.
  9. Siapkan wadah, lalu tata setiap potongan getuk di atasnya. Sebagai garnish, tambahkan parutan kelapa dan potongan daun pandan di atasnya.
  10. Getuk Lindri pun siap untuk disantap.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai sejarah Getuk Lindri, lengkap dengan resep Getuk Lindri yang bisa Sayurfriends cobakan sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat mudah untuk didapatkan, serta cara membuatnya pun terbilang praktis. Sembari menyantap Getuk Lindri, Sayurfriends pun bisa bernostalgia mengingat kenangan dulu kala.

Related Articles

Resep Nasi Goreng Ikan Asin, Mudah dan Cocok untuk Sarapan

Nasi goreng memang jadi menu andalan untuk sarapan masyarakat di Indonesia. Supaya tidak bosan, coba sajikan menu nasi goreng yang lebih...

4 Ide Menu Olahan Tahu yang Simple, Mudah, Murah tapi Lezat

Tahu jadi salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia. Harganya terjangkau, rasanya enak, dan bergizi. Tahu juga bisa diolah menjadi...

5 Ide Olahan Tempe yang Sangat Enak dan Kaya Protein

Tempe menjadi salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain enak, tempe juga kaya protein dan mudah sekali didapatkan....