Written by at November 02, 2022
Resep

3 Resep Martabak Manis Favorit

Resep Martabak Manis. Doc: Freepics
Resep Martabak Manis. Doc: Freepics

Martabak Manis adalah salah satu camilan favorit legendaris di Indonesia. Resep untuk membuat Martabak Manis ternyata nggak terlalu sulit, lho, Sayurfriends.

Gak perlu jago masak, dengan resep pilihan yang udah disiapkan di sini Sayurfriends bisa langsung coba untuk membuat Martabak Manis sendiri di rumah.

Jangan lupa, cari bahan-bahan terbaik dan berkualitas buat bikin Martabak Manis di Sayurbox, ya, Sayurfriends!

BACA JUGA: Resep Empal Gentong

Biar bisa langsung coba, yuk, langsung cek Resep Martabak Manis berikut ini!

 

1. Resep Martabak Manis Red Velvet

Martabak Manis Red Velvet. Doc: Pinterest
Martabak Manis Red Velvet. Doc: Pinterest

Bahan 1:

  • 250 gram tepung terigu
  • 45 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 300 ml air

Bahan 2:

  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder double acting
  • 50 ml air

Bahan 3:

  • 1 sdt perisa red velvet
  • gula pasir secukupnya untuk taburan
  • margarin untuk olesan
  • kental manis dan meses cokelat untuk isian

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan A. Aduk dengan whisk selama 10 menit hingga adonan licin. Tutup wadah dengan serbet bersih. Diamkan 2 jam.
  2. Campur semua bahan B. Masukkan dalam adonan bahan A. Aduk rata. Tambahkan perisa red velvet. Aduk rata.
  3. Panaskan teflon yang sudah diolesi margarin dengan api sedang cenderung kecil.
  4. Tuang setengah adonan ke teflon. Setelah muncul gelembung di permukaan adonan, taburi dengan gula pasir. Tutup teflon, masak selama sekitar 2 menit sampai matang.
  5. Setelah terang bulan matang, angkat dan olesi permukaannya dengan margarin. Beri kental manis dan meses cokelat.
  6. Lakukan proses memasak yang sama pada sisa adonan.
  7. Tumpuk adonan terang bulan. Potong-potong sesuai selera.

Gimana, mudah, kan? Yuk, langsung coba bikin dan cari bahan-bahannya di Sayurbox. Klik di sini buat langsung belanja!


2. Resep Martabak Manis Pandan

Martabak Manis Pandan. Doc: Picuki
Martabak Manis Pandan. Doc: Picuki

 Bahan-Bahan:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 3/4 gelas air (ukuran gelas belimbing)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 sdt pasta pandan

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan air. Aduk sampai larut. Tutup atas wadah dengan serbet bersih. Diamkan selama 30 menit.
  2. Tambahkan baking powder, vanili, dan pasta pandan ke adonan. Aduk rata.
  3. Adonan martabak siap diolah.

Tinggal panaskan teflon. Tuang adonan dengan geraka memutar. Masak dengan api kecil hingga bersarang. Kita bisa memberi taburan gula pasir dan aneka topping di atasnya seperti keju dan cokelat meses sesuai selera.

Cari bahan-bahan buat bikin Martabak Manis Pandan di Sayurbox. Klik di sini buat langsung belanja!


BACA JUGA: Resep Bubur Sumsum

3. Resep Martabak Manis Mini

Martabak Manis Mini
Martabak Manis Mini

Bahan Utama:

  • 1/2 sdm ragi instan
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 50 ml air hangat

Bahan Adonan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm vanili
  • 1 butir telur
  • 7 sdm mentega cair
  • 200 ml air
  • 1/4 sdt garam

Bahan Taburan:

  • meses cokelat dan keju parut secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur ragi, gula pasir, dan air hangat. Aduk cepat. Biarkan sekitar 15 menit hingga berbuih.
  2. Kecuali mentega cair, campur semua bahan adonan. Kocok dengan mixer hingga tercampur rata. Masukkan bahan biang. Kocok hingga mengembang.
  3. Kecilkan kecepatan mixer, masukkan mentega cair. Lalu aduk rata.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Panaskan cetakan yang sudah diolesi mentega.
  6. Tuang adonan ke cetakan. Biarkan adonan hingga bersarang. Masak hingga matang.
  7. Taburi dengan meses cokelat dan keju parut sesuai selera.

Yuk, cari bahan-bahan buat bikin Martabak Manis Mini di Sayurbox. Klik di sini buat langsung belanja!

Related Articles

3 Resep Jus Sayur Super Simple

(Foto: Pixabay) Bagi sebagian orang, mengonsumsi sayuran dalam bentuk utuh merupakan hal yang sulit dilakukan. Salah satu penyebabnya...

5 Jus Buah untuk Diet Sehat, Dijamin Ampuh!

Aneka Jus Buah (Doc : Pixabay) Saat diet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Daripada...

Resep Dimsum Ayam, Camilan Spesial Imlek

  Image by Nicky Girly from Pixabay Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023, Sayurbox ingin membagikan resep dimsum ayam...