Written by at November 15, 2018
Manfaat Sayur dan Buah

Shirataki, Menu Diet Keto Populer

Pasti tau kan Diet Keto, Ituloh diet tanpa karbohidrat tapi tinggi lemak. Nantinya tubuh akan memproduksi keton sebagai sumber energi. Karena biasanya energi berasal dari Karbohidrat yang memproduksi glukosa, sehingga lemak yang kita konsumsi didiamkan dalam tubuh. Karena diet Keto ini tanpa karbohidrat, banyak orang mulai cari pengganti karbohidrat salah satunya dengan Shirataki. Tau dong pasti, Kalau engga tau, sini dibisikin. Shirataki adalah mi yang terbuat dari ubi konjak, mengandung air hingga 97% dan 3% serat, hampir zero carbs dan zero calories loh.

Shirataki
Source : Pixabay

Shirataki dijual dalam bentuk kemasan dengan kondisi kering ataupun basah dengan kandungan gizi yang sama besar. Mie ini cocok untuk diet keto karena kandungan zero carbs dan zero caloriesnya tadi. Sebagai pengganti nasi atau karbohidrat lainnya.

Kalau mau diet keto pakai shirataki, bisa diolah menjadi banyak olahan loh. Ditumis dengan bumbu ala mie goreng atau ala nasi goreng juga bisa. Direbus dan dihidangkan seperti mi rebus atau dengan kuah soto juga bisa. Tergantung selera selama karbohidrat yang dikonsumsi menggunakan shirataki.

Cara mengolahnya susah susah gampang nih.

  1. Jika beli shirataki basah, buang air rendamannya, cuci bersih di air mengalir dan tiriskan.
  2. Rebus di air mendidih antara 2-3 menit agar baunya hilang dan rasanya lebih keluar. Sampai di tahap ini shirataki sudah bisa diolah menjadi aneka makanan lainnya. Tapi jika ingin teksturnya lebih keluar, boleh lanjut ke tahap selanjutnya.
  3. Tiriskan air rebusan, dan letakkan shirataki di pan untuk ditumis tanpa minyak agar sisa airnya keluar. Di tahap ini, aduk sampai berasap agar memastikan airnya keluar semua dan tekstur mie lebih keluar.
  4. Sampai sini mie dapat ditumis menjadi aneka tumisan lainnya dengan menggunakan minyak.
  5. Proses untuk shirataki kering pun sama, hanya proses awalnya sebaiknya direbus terlebih dahulu baru dicuci dengan air mengalir.

Di Sayurbox available loh shirataki basah dan kering buat diolah menjadi aneka masakan enak, lezat tapi menyehatkan! Belanja sekarang!

Related Articles

7 Sayuran Berkalsium yang Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Selama ini, jika bicara mengenai sumber kalsium, pasti sebagian besar orang langsung teringat akan susu dan produk olahannya. Namun, perlu...

Ladies, Ini Dia 5 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit Wajah

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat sering kita jumpai di pasaran .Bisa diolah jadi makanan dengan bahan-bahan lain maupun dikonsumsi...

Wajib Catat, Ini 5 Manfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Makan sayur secara rutin memang bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis sayur yang bisa memberikan banyak manfaat adalah...