Written by at January 09, 2020
Tips & Trik

Ini Fakta Tentang Sky Melon dan 9 Jenis Melon Lainnya yang Wajib Dicoba

Melon adalah salah satu buah yang termasuk dalam keluarga labu atau Cucurbitaceae. Di Indonesia, melon biasa disajikan sebagai makanan pencuci mulut. Selain itu, lemon juga nikmat dibuat sebagai jus atau campuran camilan seperti pudding. Melon memiliki daging buah yang renyah dan terasa manis. Meskipun rasa dan teksturnya hampir serupa, namun ternyata ada kurang lebih 10 jenis melon yang populer untuk dikonsumsi. Penasaran? Yuk, simak ini fakta tentang sky melon dan 9 jenis melon lainnya yang wajib dicoba.

 

Faktar tentang sky melon dan 9 jenis melon lainnya yang wajib dicoba

sky melon dan 9 jenis melon lainnya
Sky melon, rasanya sangat manis dan legit. (Foto: Pixabay)

1. Sky melon, rasanya sangat manis dan legit

Sky melon adalah salah satu jenis melon yang banyak tumbuh di Indonesia. Meski pun bibitnya berasal dari Jerman dan taiwan,  sky melon memiliki hasil paling baik saat ditanam di Indonesia. Bahkan, melon jenis ini diekspor hingga ke Jepang dan Korea.

 

Ciri-ciri sky melon antara lain adalah kulit buahnya yang tebal dan bersisik seperti diselimuti jaring. Kemudian, dagingnya cenderung berwarna hijau kekuningan. Bicara soal rasa, sky melon tidak perlu diragukan lagi, karena melon jenis ini dikenal memiliki rasa yang manis dan daging buah yang legit.

 

2. Yubari king, melon termahal asal Jepang

Yubari king bisa dibilang adalah melon termahal di dunia. Jenis melon yang dibudidayakan di Yubari dan Hokkaido ini bisa dibanderol dengan harga mulai dari Rp750 ribu sampai Rp1,5 juta. Melon ini bisa dijual dengan harga yang mahal karena memang ditanam dan dipasarkan secara terbatas. Melon ini dikatakan memiliki daging buah yang sangat lembut dan juicy. Rasa manisnya pun Sudah tidak perlu diragukan lagi.

 

Baca juga: 3 Resep Mudah Berbahan Dasar Nanas

 

3. Cantaloupe, paling laris di pasar Amerika

Jika sky melon cukup laris di Indonesia, cantaloupe adalah jenis melon yang paling laris di Amerika Serikat. Jenis melon ini memiliki ciri kulit buah yang seperti berjaring agak jarang namun cukup tebal. Daging buahnya berwarna oranye, lalu rasan dan wanginya sangat manis saat matang.

 

4. Cavaillon, kulitnya berwarna emas pucat

Melon ini termasuk sejenis dengan cantaloupe, namun ukurannya cenderung lebih kecil. Melon cavaillon berasal dari Italia, namun kini banyak juga di tanam di sekitar Amerika Utara. Ciri-ciri cavaillon yaitu kulit yang berwarna emas pucat ketika matang dan memiliki garis hijau kebiruan di seluruh permukaan kulitnya. Daging buahnya berwarna oranye dan tentunya memiliki rasa yang manis.

 

5. Melon Golden, berbentuk longjong dan kulinya kuning keemasan

Seperti namanya, melon ini hadir dengan kulit berwarna kuning keemasan. Namun, uniknya melon ini berbentuk cenderung lonjong dan dagingnya berwarna putih. Melon ini juga memiliki tektur yang renyah dan rasa yang manis.

 

Jenis melon mana yang menjadi favorit kamu? Yuk, beli melon di Sayurbox! Cari tahu juga lima jenis melon lainnya di bawah ini.

 

 

6. Melon hijau, paling populer di Indonesia

Selain sky melon, jenis melon hijau juga sangat populer di Indonesia. Seperti namanya, melon ini hadir dengan kulit berwarna hijau dan daging yang juga berwarna hijau. Jenis melon ini sering dijadikan untuk sajian pencuci mulut dan jus.

 

Melon hijau punya rasa yang manis dan tekturnya renyah saat matang. Namun, sayangnya melon ini termasuk jenis buah yang mudah busuk. Jadi pastikan kamu langsung memakannya setelah membeli.

 

Baca juga: 10 Buah Segar Kado untuk Hari Ibu yang Efektif Mencegah Penuaan Dini

 

7. Melon casaba, dagingnya berwarna putih saat masak

Jenis melon casaba adalah buah yang berasal dari daerah Kasaba, Turki. Kamu bisa mengenali melon casaba dari kulitnya yang berwarna kuning pucat. Kemudian dagingnya berwarna putih dan punya rasa yang manis menyegarkan.

 

8. Crenshaw, dagingnya tebal dan manis

Melon Crenshaw adalah buah yang merupakan hasil persilangan antara melon Persian dan Casaba. Jenis melon ini memiliki ciri kulit yang berwarna kuning kehijauan. Dagingnya juga tebal dan manis.

 

9. Ananas, punya rasa dan aroma buah yang manis

Berbeda dengan sky melon banyak ditanam di Indonesia, melon jenis Ananas justru jarang dibudidayakan di Indonesia, Melon ananas banyak ditanam di Prancis, Amerika Serikat, dan Timur Tengah. Jenis melon ini memiliki kulit berwarna kuning dengan tekstur seperti jaring di seluruh bagiannya. Bentuknya lonjong dan daging buah berwarna putih kehijauan.

 

Baca juga: Buah Eksotis Indonesia Paling Terkenal!

 

10. Korean melon, tekstrunya renyah dan rasanya manis

Melon ini kabarnya berasal dari India, kemudian menyebar hingga China, Jepang, dan Korea. Namun, melon ini justru sangat populer di Korea. Jenis melon ini memiliki ciri bentuk yang lonjong, kulit berwarna kuning keemasan, dan terdapat garis puting memanjang dari ujung ke ujung buah.

 

Untuk daging buahnya, Korean melon ini punya daging yang cukup tebal. Warna daging buahnya putih dan teksturnya renyah seperti buah pir. Untuk urusan rasa, jenis melon ini punya citarasa yang manis dan menyegarkan.

 

Jadi, jenis melon apa yang paling kamu suka? Yuk, beli sky melon dan berbagai jenis melon lainnya di Sayurbox!

Related Articles

8 Tips Makan Sehat untuk Diet Pasca Melahirkan

Mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula pasca melahirkan merupakan hal sulit bagi kebanyakan wanita, padahal wanita mana yang...

Sering Hancur dan Lengket, Ini 7 Cara Memasak Bihun yang Benar

Bihun atau rice vermicelli ini telah menjadi salah satu bahan makanan yang ramai dijual serta menjadi pilihan menu bagi masyarakat selama...

Ini 6 Perbedaan Mie dan Pasta, yang Mana Favorit Kamu?

Mie dan pasta merupakan produk makanan yang umum kita jumpai di pasar dan supermarket Indonesia maupun dunia. Tingkat konsumsi baik mie dan...

Post Comment