Written by at March 27, 2017
BabyIbu Hamil

Sumber Makanan Penting untuk Gizi Ibu Hamil

Sumber Makanan Penting untuk Gizi Ibu Hamil

Nutrisi banyak didapat oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi dapat ditemukan dalam makanan maupun minuman. Kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga terkena komplikasi. Berikut ini daftar sumber makanan yang penting bagi gizi ibu hamil :

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon  banyak mengandung protein. Nah protein ini penting dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Ikan salmon juga mengandung nutrisi berupa omega-3 yang saat sedang mengandung.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar banyak mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Ubi ungu, kuning dan orange semuanya mengandung banyak maanfaat untuk ibu hamil. Selain Vitamin A, ubi jalar mengandung serat yang cukup tinggi dan juga kandungan vitamin C yang banyak.

  1. Sayuran Hijau

Sayur harus selalu di konsumsi pada saat hamil karena kaya akan nutrisi. Sayuran yang berwarna hijau kaya akan serat dan juga vitamin. Contoh sayur yang harus dikonsumsi  seperti bayam, kangkung, brokoli dan juga sawi. Di dalam sayuran diatas terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K serta folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

  1. Buah

Buah ada yang bermanfaat dan juga ada yang menjadi pantangan, nah yang tidak menjadi pantangan bagi ibu hamil pastinya sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Buah mengandung banyak vitamin, mineral serta kandungan serat yang tinggi. Buah juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi ibu hamil dalam menangkal radikal bebas.

  1. Kacang Merah

Kacang merah kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah merah. Sel-sel darah merah ini sangat penting untuk mencegah ibu hamil terkena amenia.

  1. Nasi

Nasi ini nih makanan pokok orang indonesia. Nasi yang baik dikonsumsi pada saat mengandung adalah nasi merah. Ibu hamil pastinya harus memiliki energi lebih untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Agar bertenaga kebutuhan karbohidrat harus selalu terpenuhi. Yang harus diingat adalah nasi merah lebih baik dibandingkan dengan nasi putih. Nasi putih memiliki kadar glukosa tinggi, disarankan agar tidak banyak mengkonsumsi nasi putih karena tidak begitu baik untuk perkembangan janin.

Related Articles

Agar Nutrisinya Terjaga, ini 5 Cara Mengolah Daging Sapi untuk MPASI

Daging sapi adalah salah satu sumber protein yang baik, termasuk untuk bayi. Selain itu, daging sapi juga mengandung zat besi dan vitamin...

Sebelum Memberikan Oatmeal untuk Bayi, Cari Tahu Dulu 7 Faktanya di Sini

Oatmeal adalah bahan makanan yang terbuat dari gandum yang memiliki kandungan serat tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan...

7 Resep Tepung Organik untuk MPASI yang Sehat dan Enak

Pertumbuhan balita memang terasa begitu cepat, tapi sebagai orangtua kita tidak boleh terlena dengan tumbuh serta kembangnya. Setiap bulan...

Post Comment