Written by at July 04, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

Istilah ‘superfood’ masih terbilang asing didengar, namun superfood sudah mulai masuk kedalam tren kehidupan masa kini. Saat ini masih belum ada kriteria khusus maupun definisi pasti yang mengklasifikasikan pangan yang terbilang ‘superood’, namun kebanyakan superfood merupakan plant-based atau bahan-bahan nabati.

Pada blog kali ini, Sayurteam akan menjelaskan apa itu superfood, makanan yang tergolong superfood, memberikan beberapa contoh umum superfood beserta manfaatnya, dan memberikan sedikit tips bagaimana menyertakan superfood ke dalam asupan harian Sayurfriends.

Apa itu Superfood?

blueberries and nuts stylized in a coconut cup
Photo by S O C I A L . C U T

Superfood adalah jenis pangan yang mengandung kepadatan nutrisi tinggi: dapat diartikan bahwa superfood memiliki kandungan nutrisi dalam jumlah yang signifikan dengan persentase kalori yang rendah.

Superfood mengandung jumlah mineral, vitamin, dan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan merupakan molekul alami yang terdapat pada makanan. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh manusia. Radikal bebas merupakan hasil dari produksi energi di dalam tubuh, dan dapat membahayakan untuk kesehatan apabila dibiarkan.

Molekul-molekul antioksidan dapat menurunkan dan atau menangkis efek dari radikal bebas yang memiliki hubungan dengan masalah-masalah kesehatan seperti:

  • Penyakit jantung
  • Kanker
  • Radang Sendi
  • Stroke
  • Masalah Pernapasan
  • Kekurangan Imun
  • Emfisema atau Masalah pada Paru-paru
  • Parkinson

Superfood bukanlah “obat untuk segala penyakit”, seperti yang dikutip dari ahli nutrisi Penny Kris-Etherton:

“Banyak orang memiliki ekspektasi yang tidak realistis terhadap superfood, menganggap itu dapat melindungi mereka dari penyakit kronis dan berbagai masalah kesehatan. Mereka mengkonsumsi satu dua jenis superfood dengan diet yang buruk.”

Memasukkan superfood sebagai bagian dari asupan nutrisi harian sangatlah baik, tetapi harus diiringi dengan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang secara keseluruhan. Jalanilah rutinitas ‘superdiet’ daripada hanya fokus kepada asupan masing-masing makanan itu sendiri.

Contoh Umum Superfood

beberapa contoh superfood
Photo by Sambazon

Penelitian menunjukkan bahwa superfood tinggi akan antioksidan dan flavonoid (pigmen nabati) yang dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner maupun kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan inflamasi atau peradangan.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin juga memiliki dampak yang signifikan terhadap resiko lebih rendah dari segala kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup. Nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur membantu meningkatkan kesehatan kulit, kuku, rambut, serta meningkatkan kadar energi. Termasuk menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Berikut adalah beberapa contoh umum superfood yang mudah ditemui:

Berries

Kadar flavonoid yang lebih tinggi pada beri telah teruji mampu menurunkan resiko serangan jantung. Beberapa jenis beri yang tergolong dalam superfood antara lain; acai beri, bluberi, raspberry, ceri tart, cranberi, dan goji beri.

blueberries in a jar
Photo by Debby Hudson

Bluberi dan raspberry dapat dibeli online di Sayurbox.

Kedelai

Kedelai memiliki isoflavon konsentrasi tinggi, sejenis fitokimia. Fitokimia merupakan senyawa alami yang terkandung pada tumbuhan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mengurangi jumlah low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kedelai mampu mencegah kehilangan memori yang berhubungan dengan usia. Isoflavon dalam kedelai juga dapat mengurangi resiko tulang keropos dan meningkatkan kepadatan tulang pada proses menopause, serta mengurangi gejala menopause.

Teh

a cup of hot tea
Photo by Matt Seymour

Teh mengandung sedikit kalori, membantu hidrasi, dan merupakan sumber antioksidan yang baik. Katekin, antioksidan kuat yang terutama ditemukan dalam teh hijau, memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik yang bermanfaat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology meneliti efek teh hijau, teh putih, dan konsumsi air pada tingkat stress pada 18 siswa.

Studi tersebut menunjukkan baik teh putih maupun teh hijau mampu menurunkan kadar stress, dan teh putih memiliki efek yang lebih besar.

Diperlukan studi lebih lanjut untuk mengkonfirmasi kemungkinan manfaat kesehatan ini.

Teh hijau juga dapat memiliki efek anti-rematik dengan menekan peradangan secara keseluruhan.

Sayuran Hijau

freshly cropped kale
Curly Kale by Sayurbox

Orang-orang menggolongkan kale, bayam, swiss chard, bit hijau, dan sawi ke dalam sayuran hijau superfood. Sayuran ini kaya akan vitamin A, C, E, K, dan banyak vitamin B.

Sayuran hijau juga mengandung banyak karoten, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium.

Satu cup kale mengandung 550 mikrogram (mcg) vitamin K, setara dengan lebih dari 680 persen dari kebutuhan sehari-hari seseorang. Kale dan sayuran hijau lainnya tinggi akan kandungan serat dan kadar air, keduanya sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan salmon dapat menurunkan resiko detak jantung yang tidak normal, mengurangi kolesterol, dan memperlambat pertumbuhan plak arteri.

baked fresh salmon
Photo by Agto Nugroho

Dark Chocolate

Penelitian telah menemukan bahwa dark coklat tinggi akan flavonoid, dimana menunjukkan aktivitas antioksidan, mencegah penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker tertentu, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Komponen dalam coklat yang berperan penting atas manfaat-manfaat tersebut adalah bubuk kakao. Produsen coklat dan atau bubuk kakao memperoleh ini dari biji kakao.

cacao seeds
Photo by Miguel Andrade

Harus diingat, coklat yang beredar di pasaran telah diproses dan ditambahkan beberapa bahan tambahan, seperti gula dan bahan tambahan lainnya, yang mungkin menghilangkan manfaat-manfaat yang terkandung di dalam bubuk kakao.

 

Beberapa jenis superfood lain yang belakangan ini mulai menarik perhatian:

 

Bagaimana cara mengkontribusikan  superfood ke dalam asupan harian?

Siapapun dapat mengkonsumsi superfood dalam kesehariannya, karena pada dasarnya semua buah-buahan dan sayuran adalah superfood.

Tidak perlu menyisihkan uang lebih untuk membeli buah dan sayuran ‘premium’, karena sebenarnya buah dan sayur yang dibeli di pasar lokal maupun supermarket memberikan manfaat yang sama.

Pastikan membeli buah dan sayuran tertentu pada saat musim panennya, sehingga mendapatkan kualitas nutrisi yang terbaik.

Meminimalisir makanan olahan, mengandung pengawet, dan perasa buatan dan menggantinya dengan bahan-bahan segar dan alami yang diolah sendiri akan sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Beberapa cara mudah menggabungkan superfood pada konsumsi harian:

  • Tambahkan sayuran hijau ke dalam sup atau tumisan
  • Cobalah sesekali mengganti daging, ayam, dan  telur dengan salmon dan tahu
  • Tambahkan buah beri ke dalam oatmeal, sereal, salad, ataupun kreasi kue
  • Pastikan selalu ada buah dan sayuran dalam menu, baik santapan maupun camilan
  • Minumlah teh hijau atau matcha secara rutin
  • Kontribusikan rempah-rempah seperti; kunyit, jintan, oregano, jahe, cengkeh, dan kayu manis ke dalam masakan untuk meningkatkan kadar antioksidan pada makanan
  • Ganti camilan dengan buah, biji-bijian dan atau kacang-kacangan, seperti; brazil nuts, biji bunga matahari, atau buah kering (tanpa pemanis dan garam tambahan)

 

Sayurfriends pasti sudah lebih familiar dengan superfood setelah membaca blog ini, jadi sebisa mungkin terapkan gaya hidup sehat yang diimbangi dengan makanan sehat pula. Buah-buahan dan sayuran akan selalu menjadi pilihan yang tepat dalam segala menu masakan dan makanan Sayurfriends dan keluarga! Yuk belanja buah dan sayuran di Sayurbox 😉

Related Articles

5 Manfaat Utama Buah Naga

Sayurfriends pastinya sangat familiar dengan buah naga dong? Buah yang makin hari semakin meningkat popularitasnya ini thanks to tren gaya...

Beetroot 101: Manfaat, Nilai Gizi, dan Bonus Resep!

Photo by FOODISM360 Sayurfriends sudah kenal belum dengan Beetroot? Tanaman berwarna merah keunguan yang memiliki segudang...

Cara Menghentikan “Sugar Craving”

Siapa nih yang paling susah nolak yang manis-manis? Kalau lihat cookies atau coklat bawaannya lapar dan jadi ngidam banget? Atau biasa...

Post Comment