Written by at August 14, 2019
Tips & Trik

Teknik Memasak Yang Jarang Kita Ketahui

Kalau nonton kompetisi memasak di televisi pasti suka bertanya-tanya kan mereka melakukan apa dan bagaimana. Banyak istilah yang disebutkan terutama teknik memasak yang beraneka ragam. Kalau biasanya kita mengenal menumis, menggoreng dan merebus, sekarang juga ada beberapa teknik memasak yang jarang kita ketahui.

teknik memasak yang jarang kita ketahui
Source : Pexels

Kali ini ada 5 teknik memasak yang akan kita pelajari sama-sama dan pastinya jarang kita ketahui. Mungkin akan ada beberapa teknik memasak yang terdengar familiar, nah biar semakin tau yuk kita baca sama-sama.

Sous Vide

Kalau di restoran bintang 5, pasti sering mendengar istilah sous vide yang dalam bahasa perancis berarti under vacuum. Sous Vide berarti memanfaatkan temperatur air untuk memasak makanan dengan media berupa vakum dan juga air. Temperatur untuk memasak akan mencapai temperatur ideal untuk makanan tersebut. Jadi kalau akan membuat steak menggunakan sous vide dengan tingkat kematangan medium rare, akan membutuhkan temperatur air sebesar 54-57˚C. Dengan suhu tersebut, daging akan matang dengan tingkat kematangan tersebut dan tidak akan melebihi tingkat kematangan yang ditentukan yaitu Medium Rare.

teknik memasak yang jarang kita ketahui
Source : Pexels

Jika suhu melebihi 57˚C yang berpengaruh hanya tekstur daging, bukan tingkat kematangannya. Teknik sous vide banyak digunakan untuk membuat steak, karena mudah dan cepat dengan tingkat kematangan yang pasti. Terkadang sous vide mempunyai alat sendiri yang biasa disebut sousvide supreme bath, tapi dengan alat minimal seperti panci, digital termometer dan plastik vakum juga sudah menggunakan teknis sous vide. Wajar kalau sous vide merupakan teknik memasak yang jarang kita ketahui, karena menggunakan alat khusus dan langkah yang cukup spesifik.

Pressure Cooking

Pressure cooking atau biasa kita kenal dengan teknik presto. Banyak yang mengiodalakan teknik ini untuk memasak daging agar mendapatkan tekstur yang tender dan rasa yang maksimal. Tapi ada juga beberapa orang yang takut menggunakannya karena menggunakan tekanan untuk memasak. Pressure cooking akan menggunakan alat khusus bernama pressure cooker yang memanfaatkan steam pressure. Ketika panci ditutup, uap di dalam panci akan meningkat dan menimbulkan tekanan tinggi yang menyebabkan makanan cepat matang.

teknik memasak yang jarang kita ketahui
Source : Pexels

Tekanan yang ditimbulkan dari uap panas inilah yang menjadi elemen penentuan dalam tingkat kematangan masakan. Tapi, jika kurang berhati-hati menggunakan pressure cooker juga akan menyebabkan kecelakaan di dapur. Biasanya teknik pressure cooking diterapkan untuk memasak makanan seperti daging steak.

Poaching

Teknik memasak yang jarang kita ketahui juga yaitu poaching atau beberapa orang mengenalnya dalam menu seperti poacehd egg. Menggunakan media air mendidih untuk memasak daging yang bertekstur lembut seperti ikan bahkan telur karena tidak membutuhkan pengadukan maupun proses lainnya. Poaching juga biasa disebut moist-heat cooking method, menggunakan panas dan juga air untuk mematangkan masakan. Poaching selain untuk memasak juga biasa diterapkan sebagai teknik untuk mengawetkan makanan.

teknik memasak yang jarang kita ketahui
Source : Unsplash

Pada dasarnya teknik memasak poaching merendam makanan di dalam cairan (air atau saus) dengan temperatur rendah sampai matang. Temperatur yang rendah menjaga makanan tetap matang merata. Memasak dengan teknik poaching memberikan hasil masakan yang lebih lembut, tender, oleh sebab itu cocok untuk memasak daging ikan agar tidak cepat kering. Namun dengan menggunakan teknik poaching harus membutuhkan kesabaran karena tekniknya yang delicate.

Blanching

Teknik memasak yang jarang kita ketahui juga adalah blanching, menggunakan air mendidih untuk mematangkan makanan terutama sayur. Beda halnya dengan merebus, blanching adalah teknik yang perlahan-lahan memasukkan makanan ke dalam air mendidih. Pada dasarnya teknik blanching juga diikuti dengan merendam makanan yang sudah di-blanch dengan air dingin atau es batu. Blanching juga dapat digunakan untuk menyiapkan makanan yang akan diawetkan.

teknik memasak yang jarang kita ketahui
Source : Pexels

Untuk menggunakan teknik blanching pastikan air sudah mendidih sepenuhnya, sebelum memasukkan sayuran yang akan di-blanch pelankan api dan masukkan sayurannya, setelah sayuran masuk panaskan kembali api dan hitung waktu yang diinginkan untuk blanch sayurnya. Setelah proses blanch dilakukan, keluarkan sayuran dan rendam dalam air dingin.

teknik memasak yang jarang kita ketahui
Source : Pexels

Sous Vide, Poaching, Pressure Cooking, dan Blanching adalah 4 teknik memasak yang jarang kita ketahui karena di Indonesia jarang diterapkan untuk homecook. Teknik-teknik seperti ini umum digunakan di restoran fine dining, tapi setelah kamu ketahui teknik dan tipsnya bisa kok diterapkan untuk memasak di rumah.

Daging sapi, telur, ayam, sayur-sayur segar seperti wortel dan apapun cocok untuk dicoba menerapkan teknik memasak ini nih. Dapatkan disini!

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment