Written by at January 31, 2019
Tips & Trik

Ternyata Bertanam Organik Dapat Mencegah Global Warming!

Tau kan ya kalau metode menanam sayur dan buah itu ada yang Konvensional, Hidroponik sampai Organik. Tapi banyak ngga yang tau kalau metode bertanam Organik bisa sampai mencegah Global Warming? Yup, dengan menanam sayur dan buah dengan cara Organik juga turut menyelamatkan bumi loh.

Apa sih metode bertanam Organik itu?

Bertanam Organik adalah menerapkan konsep menggunakan pupuk alami seperti kompos, maupun pupuk hijau. Selain itu untuk mengusir hama juga menggunakan teknik rotasi tanaman. Semua prosesnya harus seminimal mungkin bahkan tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia atau zat sintetis lainnya.

Metode bertanam Organik ini di beberapa negara sangat didukung penuh, selain untuk mensejahterakan pangan disana juga ternyata manfaatnya jauh lebih besar dari itu.

Dikutip dari www.thebalancesmb.com ternyata tanaman organik juga bisa mencegah terjadinya Global Warming. Nih berikut juga ada beberapa manfaat dari bertanam Organik.

bertanam organik

Mencegah Paparan Pestisida dan Kimia Berbahaya

Pestisida yang terus-terusan digunakan bisa menumpuk di tanaman sampai di bakteri juga loh. Pestisida juga bisa menginfeksi tanah, udara bahkan air juga. Sadar engga sadar kita sedang menghirup pestisida loh sekarang.

Menciptakan Tanah Yang Sehat

Tanah yang sehat adalah yang tidak tercemari oleh bahan kimia berbahaya maupun pestisida. Berbekal tanah sehat, kita bisa bertanam kembali. Bertanam sayur dan buah dirumah secara organik dan bebas-pestisida.

Mencegah Efek Global Warming

Tau ngga kalau bertanam organik bisa mengurangi karbon dioksida diproduksi ke udara dan memperlambat perubahan iklim? Menurut Penelitian Rodale “If only 10,000 medium sized farms in the U.S. converted to organic production, they would store so much carbon in the soil that it would be equivalent to taking 1,174,400 cars off the road, or reducing car miles driven by 14.62 billion miles.”

Mendukung Konservasi dan Kesehatan Air

Engga dipungkiri memang Air adalah kebutuhan yang sangat krusial. Kebersihan dan kesehatan air penting untuk makhluk hidup, dan bisa didukung oleh bertanam organik. Menurut American Rivers, polusi air kebanyakan terjadi karena pestisida berbahaya, pupuk beracun dan juga animal waste. Justur bertanam organik membantu konservasi air karena petani organik biasanya mengubah tanah dengan benar dna menggunakan Mulsa yang keduanya dapat membantu menghemat air.

Mendukung Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan

Kebayang ngga burung yang suka singgah di tanaman kalau ternyata tanamannya tercemar bahan kimia berbahaya dan pestisida? Bukan hanya kita yang kena efeknya, tapi juga hewan-hewan tersebut loh. Dengan tanaman organik kita juga turut menyelamatkan hewan loh.

Jadi udah mulai bisa mendukung bertanam organik kan?

Related Articles

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal....

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika...

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tingkat Gula Darah

Selama ini kita hanya cukup mengenal Diabetes, penyakit yang cukup menakutkan dan wajib diwaspadai. Padahal yang menyebabkan Diabetes...

Post Comment