Written by at October 04, 2017
PenyimpananTips & Trick

Tips Menyimpan Makanan Dengan Baik Agar Lebih Tahan Lama

Apakah cara menyimpan makanan yang dilakukan dapat membuat makan bertahan lama atau malah dapat mengubah makanan menjadi racun? Apakah cara menyimpan makanan yang dilakukan dapat menjaga makanan agar tetap sehat atau malah merusak kandungan gizi yang ada pada makanan? Keraguan seperti ini pasti masih sering ibu – ibu rasakan yaa.. Maka dari itu, Sayurbox kali ini ingin membagikan beberapa tips tentang bagaimana menyimpan makanan dengan baik dan benar. Yuuk mari di simak!

1. Memanaskan Makanan Sebelum Disimpan

Sepertinya banyak yang belum tau bahwa memanaskan makanan sebelum disimpan itu sangat berpengaruh untuk membuat makanan lebih tahan lama. Untuk makanan berkuah panaskan makanan hingga mendidih dan untuk makanan berbumbu kental bisa tambahkan sedikit air lalu panaskan hingga mendidih dan sampai air sudah surut. Namun perlu diketahui bahwa memanaskan makanan berulang – ulang berbahaya untuk kandungan nutrisi makanan dan dapat mengubah makanan menjadi racun.

2. Jangan Mencuci Buah Sebelum Dimasukan Ke Kulkas

Buah tidak memerlukan kelembaban yang tinggi, maka dari itu hindari mencuci buah sebelum disimpan dalam kulkas karena dapat merusak tingkat kelembaban buah sehingga mudah busuk. Berbeda dengan buah, sayur memerlukan kelembaban yang lebih tinggi. Maka cuci sayur sebelum disimpan untuk mencegah bakteri yang menyebabkan sayur layu dan kekuningan.

3. Jangan Tutup Makanan Saat Masih Panas

Hindari menutup makanan saat masih dalam keadaan panas, hal ini dapat menyebabkan uap – uap air masuk ke dalam makanan dan mengakibatkan makanan cepat basi.

4. Jangan Menyimpan Makanan Diluar Ruangan Terlalu Lama

Tidak disangka bahwa ternyata terlalu lama membiarkan makanan berada diluar ruangan juga berpengaruh untuk jangka waktu hidup makanan. Kuman dan bakteri akan dapat berkembang biak dengan cepat bila berada diluar ruangan, dan dapat membuat makanan jadi rusak dan berbahaya bila di konsumsi. Maka dari itu sebaiknya menyimpan makanan didalam kulkas agar dapat bertahan lebih lama.

5. Simpanlah Makanan Didalam Wadah Tertutup

Pastikan makanan disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara atau apabila makanan sudah dikemas pada wadah yang tertutup bisa langsung disimpan dalam kulkas. Wadah makanan ternyata juga berpengaruh untuk menjaga makanan agar tetap tahan lama dan awet, khususnya untuk daging, ikan, dan unggas. Jangan melepas kemasan yang sudah digunakan atau jika tidak pindahkan pada wadah kedap udara sebelum menyimpan makanan, karena melepas kemasan produk atau membiarkan makanan disimpan tanpa menggunakan wadah tertutup dapat meningkatkan resiko makanan terpapar bakteri.

6. Membersihkan Kulkas Secara Berkala

Kebersihan kulkas tentu menjadi hal yang crucial bila berbicara mengenai penyimpanan makanan. Memeriksa dan membersihkan kulkas secara berkala, juga memperhatikan tata letak penyimpanan makanan sangat wajib untuk dilakukan. Segera buang makanan yang sudah tidak layak atau busuk agar makanan lain yang ada dalam kulkas tidak terkontaminasi. Pastikan juga tidak ada cairan atau genangan air dalam kulkas karena dapat membuat buah dan sayur cepat membusuk. Selain itu, tata letak penyimpanan makanan juga perlu diperhatikan. Jangan biarkan kulkas penuh dengan tumpukan makanan yang disimpan karena sirkulasi udara yang baik akan membuat makanan dapat bertahan lebih lama.

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Makanan Yang Paling Cocok Selama PMS

Hai perempuan yang tiap bulan pasti dihantui PMS (Pra Mensturasi), penyakit bukan tapi bikin sakit. Kalau tiap bulan dihantui terus, pasti...

5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

Hai para perempuan yang merawat kulit saja kadang suka kebingungan. Kalau pakai A takut bikin jerawatan, kalau ngga pakai B jadinya kulit...

Beetroot 101: Manfaat, Nilai Gizi, dan Bonus Resep!

Photo by FOODISM360 Sayurfriends sudah kenal belum dengan Beetroot? Tanaman berwarna merah keunguan yang memiliki segudang...

Post Comment