Written by at May 27, 2020
Tips & Trik

Selain Tomat Beef, Ini 5 Jenis Tomat Lainnya yang Wajib Kamu Tahu

Jenis tomat beef cukup populer akhir-akhir ini. Tomat beef adalah jenis tomat yang ukurannya paling besar dibanding jenis tomat lainnya. Ukurannya yang sangat besar ini membuatnya kaya akan daging. Meskipun berukuran besar, tomat beef ternyata memiliki kadar air rendah dan biji yang sedikit, yang membuatnya berbeda dari jenis tomat lainnya. Teksturnya yang padat dan rasa lezatnya membuat tomat beef kerap dijadikan pelengkap atau bahkan bahan utama bagi banyak sajian.

 

Selain itu, tomat beef juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A hingga E, serta kalium yang baik. Belum lagi kandungan antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk mengurangi resiko serangan jantung dan kanker. Selain tomat beef, terdapat pula jenis tomat lainnya yang kalah lezat dan bergizi. Berikut 5 jenis tomat lain yang wajib kamu tahu.

 

Kandungan gizi tomat per 100 gram:

  • Energi: 18 Kkal
  • Lemak 0,2g

          – Lemak Jenuh 0,046g

          – Lemak tak Jenuh Ganda 0,135g

          – Lemak tak Jenuh Tunggal 0,051g

  • Kolesterol 0mg
  • Protein 0,88g
  • Karbohidrat 3,92g

         – Serat 1,2g

         – Gula 2,63g

  • Sodium 5mg
  • Kalium 237mg

 

Selain tomat beef, ini 5 jenis tomat lainnya:

Tomat Beef
Tomat Beef dan Jenis Tomat Lainnya yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Tomat bistik

Tomat bistik juga memiliki ukuran yang cukup besar. Satu buah tomat bistik seberat 182 gram mengandung sebanyak 2 gram serat, 33 kalori, dan 28% vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menambah kekebalan tubuh. Rasa tomat bistik yang manis dan cenderung berair membuatnya sangat pas digunakan sebagai campuran untuk hamburger dan sandwich, serta cocok juga dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan saus.

 

2. Tomat ceri

Berbeda dengan dua jenis tomat lain, tomat ceri memiliki ukuran yang kecil. Satu tomat ceri memiliki berat hanya sekitar 17 gram dan hanya mengandung 3 kalori serta sejumlah vitamin serta mineral. Tomat ceri memiliki tekstur yang sangat berair, membuatnya sangat  lezat bila dimakan langsung bahkan tanpa diolah. Selain itu, ukurannya yang kecil juga membuat tomat ceri cocok untuk dimakan langsung sebagai cemilan yang sehat atau bisa juga sebagai campuran untuk salad.

Baca juga: Cari Tahu 10 Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat Hijau

 

3. Tomat anggur

Jenis tomat anggur memiliki ukuran setengah kali lebih kecil dibanding tomat ceri. Satu tomat anggur memiliki berat hanya sekitar 8 gram dengan kandungan satu kalori. Bedanya dengan tomat ceri, bentuk tomat anggur cenderung lonjong dan kandungan airnya rendah. Untuk cara mengonsumsinya, tomat anggur sangat cocok untuk dijadikan campuran salad maupun dimakan langsung sebagai cemilan layaknya tomat ceri.

 

Ingin mencoba tomat beef dan jenis tomat lainnya? Yuk, beli berbagai tomat segar di Sayurbox!

4. Tomat pusaka

Jenis tomat yang satu ini memiliki beragam varian warna serta ukuran. Dari kuuning pucat, hijau cerah, hingga warna merah cenderunng keunguan. Varian warna dan ukuran yang beragam ini bukan karena hibrida, melainkan karena penyerbukan silang dengan jenis lainnya. Dibanding jenis tomat lainnya, tomat pusaka memiliki rasa yang lebih manis. Jenis tomat ini kaya akan kandungan nutrisi berupa beta karoten, antioksidan, dan kalori. Sangat cocok digunakan sebagai bahan utama pembuat saus serta dimakan langsung. 

Baca juga: 11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

 

5. Tomat roma

Tomat roma merupakan jenis tomat dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan tomat ceri dan anggur. Dikenal juga dengan nama tomat prem, jenis tomat ini mengandung 11 kalori dan 1 gram serat. Cita rasanya manis dan cenderung berair, oleh sebab itu jenis tomat roma ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuat saus ataupun bahan campuran salad.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Coba

 

Setelah mengetahui jenis-jenis tomat, ada baiknya juga untuk mengetahui cara memilih tomat yang baik. Ini merupakan hal yang sedikit tricky, karena tekstur tomat yang berair dapat membuatmu terjebak untuk memilih tomat yang nyaris busuk. Oleh sebab itu, pilihlah tomat yang kulitnya masih terlihat mulus, tidak tergores ataupun bonyok. Lebih baik memilih tomat yang warnanya belum terlalu merah, agar dapat tahan lebih lama dan membiarkannya memerah secara alami seiring waktu ketika disimpan.

 

Bila kamu menginginkan tomat dengan kandungan air lebih, pilih yang berukuran besar dan terlihat segar. Pastikan pula untuk memilih tomat yang terasa padat ketika diangkat, memiliki kulit yang kencang dan tak bernoda. Tomat yang ringan dengan permukaan kulit kusut atau kering mengindikasikan bahwa tomat tersebut sudah terlalu matang dan tidak akan tahan lama. Tips lainnya adalah untuk memilih tomat yang masih memiliki tangkai buah berwarna hijau dan segar, sebagai tanda bahwa tomat tersebut baru saja dipetik dari pohon.

 

Apabila kamu masih ragu mengenai cara memilih tomat jenis apapun yang berkualitas baik, tak perlu khawatir. Kini ada Sayurbox yang dapat memenuhi segala kebutuhan sayur dan buah harianmu dengan kualitas yang terjamin baik. Kamu dapat menghemat waktu dan tenaga untuk berbelanja ke pasar ataupun supermarket, cukup pesan sayur dan buah pilihanmu melalui aplikasi dan kurir akan segera mengantar pesananmu di hari yang sama.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba tomat beef dan jenis tomat lainnya? Yuk, beli berbagai tomat segar di Sayurbox!

 

Related Articles

Ketahui 10 Jenis Pisang dan Cara yang Tepat untuk Mengolahnya

Pisang merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis. Pisang merupakan komoditas hortikultura keempat yang terpenting setelah beras,...

Yuk, Cari Tahu ini 9 Jenis-jenis Labu yang Bisa Kamu Konsumsi

Meski tidak asing di telinga dan lidah orang Indonesia, nyatanya masih banyak yang salah kaprah dengan labu. Seperti halnya tomat, buah...

Ini 9 Jenis Bumbu Dapur yang Wajib ada di Rumah

Tidak hanya bahan utama, bumbu juga merupakan faktor penting yang menentukan kelezatan masakan. Sebagai orang Indonesia pasti kamu telah...

Post Comment