Written by at October 30, 2019
Tips & Trik

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Gula

Pasti banyak diantara kita yang menghindari Gula, karena sudah dihantui dengan masalah yang mengikuti seperti obesitas sampai diabetes. Padahal gula juga tidak selamanya salah loh, nah biar tau Gula salahnya dimana yuk kita bahas semua tentang Gula.

Gula terbuat dari apa?

Gula adalah salah satu bentuk Karbohidrat yang terbentuk dari small building blocks yang juga disebut Gula Sederhana atau lebih dikenal dengan monosakarida. Ada 3 tipe monosakarida yang juga kita kenal dengan 3 tipe Gula yaitu Glukosa, Fruktosa, dan Galaktosa.

  1. Glukosa ditemukan di beberapa jenis buah, sayur dan juga nektar
  2. Fruktosa ditemukan di kebanyakan buah-buahan, berries, madu, sayuran akar dan juga gandum
  3. Galaktosa kebanyakan ditemukan di susu dan yoghurt
tentang gula
Source : Unsplash

Nah, ada juga disakarida yaitu 2 tipe monosakarida yang bergabung diantaranya Sukrosa, Laktosa dan Maltosa.

  1. Sukrosa terbentuk dari Glukosa & Fruktosa biasanya berasal dari sugar cane atau sugar beet.
  2. Laktosa terbentuk dari Glukosa & Galaktosa biasanya ditemukan di produk dairy dan susu mamalia
  3. Maltosa terbentuk dari 2 Glukosa biasanya ditemukan di gandum yang mulai tumbuh dan dikenal sebagai malt sugar

Apa fungsi Gula untuk tubuh?

Gula merupakan jenis Karbohidrat, karbohidrat yang kita ketahui berfungsi untuk memberikan energi. Begitu juga dengan Gula, Gula berperan penting untuk tubuh kita karena akan diolah oleh tubuh dan menjadi energi. Seperti yang kita semua ketahui energi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

tentang gula
Source : Unsplash

Dapat dipastikan Gula juga sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu kita dalam beraktifitas. Namun tidak semua gula juga dibutuhkan tubuh loh, ada Gula yang “baik” dan “jahat”.

Gula seperti apa yang dapat dikonsumsi?

Sudah pasti Gula yang secara natural terkandung dalam buah, sayuran, gandum, susu murni adalah yang terbaik untuk dikonsumsi karena tidak diproses dan mengalami penambahan gula. Sedangkan gula yang ada baiknya dihindari adalah yang terdapat di dalam processed foods seperti Soda, Ice Cream, Kue, Biskuit, Permen. Karena gula dalam makanan tersebut sudah ditambahkan dalam proses produksi, gula ini biasa dikenal dengan added sugar.

tentang gula
Source : Unsplash

Added Sugar tergolong harus dihindari karena hanya menambah kalori tanpa memberikan asupan nutrisi yang penting. Hal ini dikarenakan gula biasanya ditambahkan dalam pengolahan makanan dengan jumlah yang banyak. Tapi bagi yang punya sweet tooth konsumsi buah yang manis-manis seperti Pepaya, Buah Naga, Jambu Kristal, Mangga. Karena buah-buahan mengandung gula alami seperti Glukosa, Fruktosa, atau Galaktosa yang dapat diolah tubuh untuk menjadi energi.

Jadi sudah pasti hindari makanan dengan added sugar, dan ganti dengan yang mengandung gula alami.

Kesimpulan

Gula sangat penting bagi tubuh, jangan dihindari karena merupakan sumber energi. Energi sangat dibutuhkan tubuh juga untuk beraktiiftas. Namun harus pintar dalam memilih jenis gula yang dikonsumsi, hindari added sugar dan ganti dengan buah-buahan karena mengandung gula alami.

Buah-buahannya bisa didapatkan di Sayurbox! Dari petani lokal dan dapet gratis ongkir!!

Related Articles

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal....

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika...

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tingkat Gula Darah

Selama ini kita hanya cukup mengenal Diabetes, penyakit yang cukup menakutkan dan wajib diwaspadai. Padahal yang menyebabkan Diabetes...

Post Comment